Calon Wali Kota Bandung nomor urut 2, Haru Suandharu, menegaskan komitmennya untuk mendorong promosi produk UMKM lokal agar lebih dikenal luas, baik di dalam negeri maupun mancanegara.
Pernyataan tersebut disampaikan Haru saat menghadiri acara Hijab Fest 2024 di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Bandung, Jumat malam (1/11). Ia kagum dengan kreativitas pelaku UMKM yang tetap bertahan dan berinovasi, meski sempat terhambat pandemi.
“Luar biasa, ini sudah 12 tahun sejak 2012. Walaupun setelah Covid-19 kondisinya belum pulih sepenuhnya, ini bukti kerja keras mereka. Saya kira tugas kita bersama untuk membantu meningkatkan kembali kondisi ini,” ungkap Haru.
Sebagai bentuk dukungan, Haru menekankan pentingnya peran pemerintah dalam mempromosikan produk lokal. Menurutnya, meski inisiatif promosi sering kali datang dari pelaku usaha, pemerintah juga dapat berperan dalam mendorong serta memfasilitasi.
“Ke depan, tentu saja tidak hanya inisiatif dari pengusaha kreatif, pemerintah bisa membantu mendorong promosi mereka agar bisa lebih kuat lagi,” kata Haru.
Haru juga menyampaikan rencananya menjadikan Bandung sebagai tuan rumah berbagai acara internasional. Dengan visi Bandung Kota Kreatif Dunia yang digagas, ia berharap mampu menarik pengunjung dari berbagai daerah dan negara, agar UMKM lokal bisa mengenalkan produknya.
“Kita desain banyak event di Bandung, undang partisipan dari berbagai negara dan kota di Indonesia, sehingga brand lokal kita semakin dikenal luas, bahkan hingga ke dunia internasional,” ujarnya.
Haru berkomitmen untuk mengadakan kalender event tahunan yang mencakup berbagai kegiatan menarik dan akan meningkatkan kapasitas venue acara agar Bandung mampu menampung lebih banyak kegiatan dan wisatawan.
“InsyaAllah, kita masukkan ke dalam kalender event Bandung. Harus kita organisasikan, dan jumlah venue kita tambah, baik dari segi kualitas maupun ukuran, agar dapat menampung banyak acara dan wisatawan,” tutur Haru.
Sumber : rmoljabar.id
Leave a comment